Laman

Rabu, 28 Maret 2018

Lulus Sertifikasi CCNA Cyber Ops

Logo CCNA Cyber Ops
Logo CCNA Cyber Ops
Sebelumnya tanggal 13 Desember 2016 kami menerima email dari Cisco bahwa kami lulus sebagai salah satu penerima beasiswa dari Cisco pada Cisco Global Cybersecurity Scholarships Program. dimana untuk bisa lulus di seleksi beasiswa ini kami harus mendaftar serta memenuhi beberapa persyaratan termasuk ujian seleksi yang dilaksanakan secara online.


Email dari Cisco Bahwa kami diterima sebagai penerima beasiswa
Program Cisco Global Cybersecurity Scholarships adalah salah satu program dari cisco untuk membantu menutupi kesenjangan keterampilan keamanan jaringan komputer yang sekarang ini semakin berkembang seiring perkembangan teknologi. Pada situs Cisco Global Cybersecurity Scholarships Program ( https://mkto.cisco.com/security-scholarship ) dijelaskan detail tentang program beasiswa ini.
Diprogram beasiswa ini kami mendapatkan kesempatan belajar secara mandiri di bantu para Mentor dari Cisco Authorized Learning Partners  yang selama 3 bulan belajar dan ujian tentang 
  • "Introduction to Cybersecurity," yang dilakukan secara mandiri di Cisco Networking Academy
  • "Understanding Cisco Cybersecurity Fundamentals" (SECFND), 
  • "Implementing Cisco Cybersecurity Operations" (SECOPS), s
  • Ujian CCNA Cyber Ops  (210-250 SECFND dan 210-255 SECOPS)
Proses mulai di setujui sebagai penerima beasiswa hingga pelaksanaan pelatihan cukup jauh rentang waktunya, sampai kami sendiri menjadi ragu tentang program ini bahkan sampai harus browsing dan tanya sana-sini untuk memperjelas kegiatan ini. Pelatihan dimulai pada tanggal 24 September 2017 dan berakhir tanggal 24 Januari 2018 selama dan ini merupakan hari yang sangat spesial buat kami saat menerima email pemberitahuan dari cisco bahwa pelatihan akan segera dilaksanakan dan kami sekarang ada pada Kelompok ke 4 dari total keseluruhan kurang lebih 500 peserta penerima beasiswa.

Selama pelatihan banyak tantangan yang kami hadapi dan yang paling sulit adalah bahasa dimana materi serta bimbingan yang dilakukan oleh mentor semuanya menggunakan bahasa inggris. dan akhirnya dengan segala daya dan upaya kurang lebih 2 bulan, tepatnya tanggal 29 Oktober 2017 kami bisa menyelesaikan 1 program pelatihan tersebut yaitu Understanding Cisco Cybersecurity Fundamentals dan menerima sertifikat telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pembelajaran pada kurikulum pertama CCNA Cyber Ops
Setelah ini kami harus menyiapkan diri lagi untuk mengikuti ujian dari Cisco di Pearson Vue dan tempat yang paling dekat untuk ujian dari sulawesi adalah BAS-ICT Balikpapan dengan Owernya Bapak Istia Budi.

Persiapan demi persiapan kami lakukan untuk menghadapi ujian 210-250 SECFND dan tepatnya tanggal 29 Desember 2017 kami mengikuti ujian tersebut dan ini merupakan ujian pertama kami di Pearson Vue. Ujian 210-250 SECFND terdiri atas 60 nomor dengan waktu 90 menit, tetapi karena bukan penutur asli bahasa inggris kami mendapatkan tambahan waktu 40 menit dan hasilnya FAIL karena kami hanya mendapatkan Skor 756 sedangkan persyaratan untuk lulus adalah 825
First Take Exam 210-250 SECFND

Beruntung Cisco memberikan kesempatan kedua untuk mengulang ujian dan tentunya masih di Biayai oleh cisco dimana untuk setiap ujian SECFND biayanya hingga tulisan ini terbih harganya sebesar 300 Dollar atau setara dengan kurang lebih Rp. 4.300.000 jika di rupiahkan.


Karena tanggal 28 Desember 2018 kami juga sudah menyelesaikan seluruh materi Implementing Cisco Cybersecurity Operations dan menerima sertifikatnya akhirnya untuk ujian pengulangan kami harus mengambil 2 Ujian yaitu Pengulangan 210-250 SECFND dan ujian 210-255 SECOPS

Tepatnya tanggal 28 Januari 2018 kami kembali Kalimantan di BAS-ICT Balikpapan untuk melaksanakan Ujian dan hasilnya :

PASS Exam 210-250 SECFND


Tetapi untuk ujian 210-255 SECOPS kami GAGAL dan harus bermohon ke Cisco untuk Voucher Ujian Retake. Hingga pada akhirnya tepatnya tanggal 18 Maret 2018 seluruh rangkaian ujian program beasiswa Cisco Global Cybersecurity bisa kami selesaikan.
Dengan lulusnya kedua Ujian tersebut maka kami bersyarat menerima Sertifikasi Cisco Certified Network Associate Cyber Ops
Sertifikat Cisco Certified Network Associate Cyber Ops
Sertifikat Cisco Certified Network Associate Cyber Ops
Dari seluruh rangkaian proses mulai dari pendaftaran beasiswa hingga Lulus dan mendapatkan Sertifikat CCNA Cyber Ops ini memberikan kami pembelajaran yang sangat berharga bahwa ini semuanya tak lepas dari campur tangan Allah SWT, dukungan keluarga dan seluruh sahabat. dan tanpa semuanya itu kami tidak akan mungkin bisa menjalani semuanya ini. Oleh karena itulah sehungga tulisan ini dibuat agar kami senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kami sehingga bisa menjadi pelajaran untuk kami, dan anak-anak saya nantinya bahkan mungkin untuk para sahabat yang membaca tulisan kami ini.

The Last :
Thank you Cisco for this great opportunity that was given to me
Thank you for All Cisco MentorMakasih banyak for Mamanya Aping dan ketiga jagoan hebatku (Aping, Dea & Widya)Bu Daya, Bu Rita, Bu Erna, Bu Ika, Tasir, Miss Ela, Bu Nita, Bu Lela, Pak Mull, Seluruh Anak-anakku Siswa SMKTI Bulukumba, Pak Adri Gautama , Pak Istia Budi serta seluruh sahabat yang selalu mendukung kami.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar